Harga Bahan Bangunan April 2016

Dalam proyek pembangunan terdapat beberpa faktor vital yang mesti dipenuhi sebelum memulai proses pembangunan. Pertama adalah lahan atau tanah yang siap untuk  tempati. Kedua adalah perencanaan keuangan yang memadahi. Ketiga material bangunan yang dapat di pesan setelah berkonsultasi dengan ahli. Keempat pekerja bangunan berpenalaman. Khusus untuk pemilihan bahan material, pemilihan dilakukan secara presisi. Hal ini untuk mencegah kekurangan bahan bangunan. Pada saat di tengah proses pembangunan atau tersisa bahan bangunan berlebih saat setelah pembuatan bangunan yang mana material sisa akan tidak digunakan. Sebagian material khusus yang memerlukan pemesanan. Jika tidak dibeli dengan jumlah besar dikhawatirkan akan mengalami kesulitan mendapatkan bahan bangunan serupa untuk menutupi kekurangan yang ada.

Mendekati musim tanam di wilayah pedesaan harga bahan bangunan april 2016  mengalami penurunan permintaan akan bahan material bangunan guna membangun rumah. Biasanya peningkatan jumlah permintaan akan bahan bangunan mengalami kenaikan. Pada musim panen atau mendekati hari raya dimana panen usai dan memiliki jarak yang cukup jauh pada saat musim tanam. Pada masa itu perekonomian dalam sektor pertanian mengalami perputaran. Di wilayah pedesaan biasanya terdapat pembuatan bahan material atu bata secara tradisional secara musiman. Yang mana harga dari bata tradisonal ini cukup bersaing dan tidak kalah dengan kualitas batako yang umum di gunakan kini. Selain itu penambangan pasir belum menunjukan penurnan harga dan diperkirakan masih akan stabil mengingat kebutuhanakan pasir material tidak hanya di gunakan di daerah terdekat. Selain itu apabila memasuki musim penghujan permintaan akan bahan bangunan akan mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan pada saat hujan terjadi proses pengeringan semen akan sangat lambat. Pada musim ini sangat tidak bersahabat bagi bidang konstruksi.

Berbeda dengan wilayah kota, pada wilayah pedesaan untuk menemukan lahan yang siap untuk didirikan bangunan sangat banyak. Namun tanaman sintetis yang ditwarkan terbilang tidak jauh berbeda dari yang ada di wilayah perkotaan. Harga lahan ini cenderung terus mengalami kenaikan dikarenakan jumla penduduk yang semakin meningkat menyebabkan kebutuhan akan hunian adalah hal yang wajar.