Pembangunan Pabrik di Banyuwangi

Banyuwangi merupakan kota paling Timur di pulau Jawa. Kota yang terletak di Jawa Timur ini adalah kota paling luas di Jatim bahwkan di pulau Jawa. Banyuwangi memang sedang naik daun akhir-akhir ini dengan pesona pariwisatanya dan banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Kota Banyuwangi yang erat dengan kebudayaanya yang kental lagi unik ini menyimpan sumber daya alam yang luar biasa. Luas daerah yang mencapai 5.782,5 km2 dan kualitas air serta udara yang bagus.

Akan tetapi para pelaku usaha nampaknya juga memiliki  ketertarikan tersendiri terhadap kota ini, karena sumberdaya alamnya menjadi pertimbangan untuk mengembangkan usaha di sini. Dengan lahan kosong yang masih banyak para pelaku usaha berlomba-lomba membangun gudang atau bahkan pabriknya. Hal ini pula yang menjadi alasan PT INKA tertarik membangun pabrik keretaapinya di kota ini, karena mereka membutuhkan lahan yang luas untuk menambah produktifitasnya. Dengan kualitas SDA yang bagus ternyata biaya sewa dan harga beli tanah masih termasuk murah.

Pertimbangan selanjutnya yaitu tersedianya sumber daya manusia. Tenaga Kerja yang berkualitas dan berpotensial ini datang dari banyak Universitas terbaik. Didukung pula dengan ketersediaan transportasi yang sudah lumayan memadai. Ada pelabuan, kereta atau transportasi darat yang ada akan mendukung berjalannya ngiriman barang produksi atau mendatangkan barang baku untuk pabrik.

Lokasi Banyuwangi memang strategis yaitu berada dekat sekali dengan Pemerintahan Provinsi. Lokasinya ini memudahkan dalam pengurusan dokumen-dokumen penting usaha. Dokumen dokumen penting pabrik yang harus disiapkan adalah IMB dan SLF Pabrik. Dokumen ini sebagai wujud pemenuhan ketertiban akan administratif pabrik dan perusahaan. Mengingat banyaknya SDM yang akan menggunakan bangunan maka harus di uji semua unsur keamanan dan kesehatan kerja.

IMB dan SLF merupakan dokumen dasar yang harus dimiliki bangunan pabrik. Bangunan akan dikatakan legal apabila sudah mengantongi SLF dari pemerintah daerah. Untuk mendapatkannya maka harus melalui beberapa uji kelayakan diantaranya meliputi kesesuaian fungsi, persyaratan tata bangunan, keselamatan, kenyamanan, kesehatan dan pemeliharaan atau perawatan gedung.